Internasional

Program Internasional

1. Melaksanakan kurikulum Nasional, Cambridge, dan Kurikulum Muhammadiyah.
Selain menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum Muhammadiyah, smamda Juga menerapkan kurikulum adopsi, adaptasi Cambridge yang disesuaikan dengan kurikulum nasional. Sebagai salah satu SMA Rujukan Smamda selalui mengikuti perkembangan kurikulum yang diterapkan dalam proses belajar mengajar. Kurikulum Muhammadiyah yang diterapkan adalah pada pembelajaran Al Islam, kemuhammadiyahan, Tartil dan Bahasa Arab.
 
2. Tersedia peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIPA)
Khusus program internasional hanya tersedia program peminatan MIPA.
 
3. Special Care Program (SCP) – Pendampingan belajar khusus.
• Mengintegrasikan layanan Special Care Program (SCP) membantu siswa pendampingan belajar kebutuhan khusus dalam spektrum yang luas, termasuk penanganan siswa yang mengalami hambatan belajar (slow learner).
• Special Care Program ini yang sengaja dirancang sekolah untuk membantu peserta didik yang kurang/kesulitan dalam mata pelajaran tertentu. Program ini dilaksanakan pada kelas X dan XI semester 1 ddan 2. Guru dan wali kelas memberikan rekomendasi pada siswa pada mata pelajaran yang kurang/kesulitan, dan kegiatan ini dilaksanakan sekolah agar para siswa yang kurang pada mata pelajaran, dapat lebih terbantu dengan adanya kegiatan ini. Dengan dilakukannya program ini diharapkan sekolah dapat membantu siswa untuk jauh lebih berkonsentrasi dalam melakukan pembelajaran dan siswa juga dapat menguasai mata pelajaran yang menurut mereka sulit untuk dimengerti.
 
4. Konsultasi pendidikan lanjutan baik dalam dan luar negeri.
Program ini dalam rangka membantu memberikan informasi kepada peserta didik untuk memilih perguruan tinggi dalam negeri PTN/PTS yang terbaik maupun luar negeri yang terbaik sehingga peserta didik tidak salah dalam memilih jurusan yang diinginkan.
 
5. Penilaian berbasis Komputer atau Computer Based Test (CBT)
Smamda mengadakan penilaian CBT yang merupakan program sekolah untuk membiasakan siswa mengerjakan soal-soal penilaian seperti Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sehingga saat menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa sudah terbiasa menggunakan CBT.
 
6. Smamda Intensif Program (SIP)
• Merupakan salah satu program untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMA Muhammadiyah 2 Surabaya.
• Perlunya mempersiapkan peserta didik kelas XII siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Persiapan Ujian Masuk Perguruan Tinggi.
 
7. Field Trip Study Activity (FISA)
Field Trip Study Activity merupakan pembelajaran yang dilakukan di luar sekolah yang biasa di sebut FISA. Metode pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara membawa siswa ke luar kelas dengan mengunjungi suatu tempat atau lingkungan tertentu yang sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran sehingga siswa dapat mengamati atau mengalaminya secara langsung.
SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menentukan materi pada level kelas :
a. Kelas X : Materi Instansi Pemerintah dan dunia Industri
b. Kelas XI : Materi pengabdian masyarakat take and give (Memberi dan
Menerima) kepada masyarakat. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan satu malam.
c. Kelas XII : Materi mengikuti perkuliahan dan praktek di perguruan tinggi
sesuai dengan jurusan yang di pilih oleh siswa
 
8. Student Learning Clinic Center (SLCC).
Sebuah program untuk memfasilitasi siswa yang meninggalkan pelajaran karena berlatih hingga mengikuti lomba untuk mendapatkan tambahan pelajaran, sehingga tidak ketinggalan pelajaran.
 
9. Samsung Smart Learning Class (SSLC).
Smamda bekerjasama dengan Samsung, menyediakan kelas digital yang memberi kesempatan seluruh siswa belajar dengan menggunakan teknologi terkini.
 
10. Program belajar di luar negeri (Student Exchange Program)*.
Smamda memiliki program student exchange ke Australia, yaitu Lorne P12 College dan Goulburn Valley Grammar School (GVGS), Victoria, Australia. Selain di Australia, Smamda juga mempunyai program student exchange ke sekolah Chimei National School di Taiwan. Smamda juga mempunyai sister school dengan sekolah di China, Malaysia, Singapura dan Belanda.
 
11. Program Sister school dengan sekolah Timur Tengah plus umroh.
Smamda menambah jaringan sister school di beberapa sekolah dan universitas di Turki dan madinah dan dilanjutkan dengan program umroh.
 
12. Studi ekskursi ke Singapura (kelas XI)
Setiap tahun sekitar 80 siswa kelas XI MIPA Internasional mengikuti kegiatan studi ekskursi ke Singapura. Di Singapura mereka mengunjungi beberapa universitas seperti NAFA, NUS, NTU, MD IS, SP Jain, Republic Politechnic, dan workshop serta presentasi terkait materi leadership, enterpreneur. Mereka juga mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke Universal Studio.
 
13. Penggunaan bahasa bilingual dalam pembelajaran (matematika, kimia, fisika, dan biologi)
Dalam pembelajaran matematika, kimia, fisika, dan biologi menggunakan dua bahasa yaitu bahasa inggris dan bahasa indonesia. Soal penilaihan harian, penilaian akhir juga berbahasa inggris. Selain itu juga tersedia modul berbahasa inggris pada mata pelajaran tersebut.
 
14. Tersedianya english native speaker teacher (guru native)
Smamda memiliki guru native dari Jerman, Mr. Tom Kamm yang mengajar mata pelajaran fisika dan matematika.
 
15. Sertifikasi Cambridge
Siswa kelas X dan XI mipa kelas program internasional dapat mengikuti sertifikasi cambridge dengan sistem seleksi. Setelah lolos seleksi, siswa mendaftar sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih.
 
16. Sertifikasi ICAS (kelas XI)
Sertifikasi International Competition and Assessment for School (ICAS) wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas XI program internasional. Pendataan pilihan mata pelajaran dilaksanakan di kelas X semester 2. Ada pun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris, Science, Matematika, dan Computer.
 
17. Tes International English Language Testing System / IELTS (kelas XI)
Pembelajaran IELTS dikhusukan untuk siswa kelas XI. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jum’at setelah pulang sekolah yaitu pukul 14.14 -15.15 Wib.
Setelah mengikuti pembelajaran siswa mengikuti IELTS test.
 
18. English class (kelas X)
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara, menulis, membaca dan mendengarkan dalam bahasa inggris. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jum’at setelah pulang sekolah pukul 14.14 -15.15 Wib
 
 
*Syarat ketentuan berlaku